Senin, 27 Oktober 2008

Mari.....




Hai kawan-kawan.............

Berangkat dari kesadaran hati, kita sudah kelas 3(XII), inilah masa paling rawan, mengapa ? karena akan menentukan yang akan datang.....!
Jangan berleha-leha !Mengapa ?karena Ujian sudah di depan mata... (kata Ibu/Bapak guru)


Bung Roma berkata. "Bersakit-sakit dahulu, baru kemudian, bersenang-senang.....!


Mari kawan-kawan, kita benahi diri......!
Thanks, semoga memecu semangat....




Sisi lain....
Masa Depan Keberadaan Kita


Siapa yang tidak tahu bahwa kalimantan sangat kaya dengan barang tambang, terutama batu bara. Penambangan batu bara banyak dilakukan di kaltim. Tetapi, beberapa hari lalu saya mendapat berita dari televisi, bahwa masyarakat yang berada dekat dengan daerah penambangan menerima limbah dari buangan penambangan tersebut. Rumah masyarakat agak mengalami kerusakan. Selain di kaltim, daerah kalimantan lainnya juga marak dilakukan penambangan, misalnya emas. Dampaknya juga tak jauh beda dengan penambangan batu bara, hanya penambangan kebanyakan dilakukan di daerah hutan, jadi kurang terasa dampak negatifnya. Meskipun demikian, yang menjadi sasaran, yaitu hutan akan habis terbabat.Memang, penambangn ini merupakan mata pencaharian utama masarakat setempat.

Hutan Kalimantan Barat merupakan hutan tropis basah yang diperkirakan menyimpan jenis-jenis tumbuhan yang memiliki bioaktivitas. Keberadaan tumbuhan sebagai sumber insektisida pada hutan tropis agaknya lebih menjanjikan. Hutan tropis merupakan sumber hayati yang kaya berbagai spesies tumbuh-tumbuhan. Sebagai salah satu sumber daya alam, hutan kita harus dikelola dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Selain tumbuhannya dapat dimanfaatkan untuk produksi kayu, dalam beberapa hal secara langsung ataupun tidak tumbuhan hutan dapat dimanfaatkan untuk tujuan non-kayu. Untuk jangka panjang pengusahaan hutan non-kayu ini tidak kalah pentingnya bila dikelola secara tepat. Salah satu pengusahaan hutan non-kayu yang dapat dikembangkan selain sebagai sumber bahan bangunan dan bahan obat-obatan tradisional juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber insektisida.

Maka dari itu, kita harus menjaga hutan agar keberadaan hutan kita tetap terjaga. Mungkin kita dapat ikut organisasi penghijauan, misalnya GNRHL. Tujuannya lumayan baik, yaitu memberi bibit tanaman kepada masyarakat. lalu masyarakat setempat yang melakukan gerakan tersebut. Marilah kita yang memilik sangkut paut dengan keberadaan hutan menjaga keutuhannya, karena menyangkut keberadaaan kita. Terima kasih.


0 komentar: